Senin, 10 Mei 2010

idup lo, pilihan lo

hidup lo, pilihan lo.gue punya temen, dari jaman tk gue bareng dia, emaknya baek sama gue, tp sebenernya ngerasa gue musuh besar anaknya soal nilai2.kita berdua mah santai aja.inget banget gue pas ikutan lomba gambar TK, gue juara 2*kaget deh gak papa, emang bakat seni gue tenggelam seiring waktu* dan dia juara 1 nya.emang keren sih.ngeliat hasil gambar kita yang beda jaauuuh banget, dia realis gue abstrak, kayaknya juri2 pada kasian aja sama muka gue.SD kita pisahan, dan bareng lagi waktu SMP.trus dia pindah, gue juga pindah.kita baru contact2an sebulan ini aja.gue pikir dia bakal ngambil jurusan arsitektur kek, yg ada hubungan sama bakat dan minat dia yg keliatan banget dr dulu.Ternyata dia ngdaftar ekonomi.setelah gue nanya, ternyata dia pengen arsitektur, gagal sekali, dan disuruh emaknya masuk ekonomi.gobloknya, dia mau.karena disuruh emaknya.gue rasa dia cuma satu diantara sekian banyak orang, termasuk gue juga kadang2 yang suka melibatkan orang lain di idupnya.kalo sebatas buat milih sandal ato ngasih advice gue rasa wajar yaa.tp kalo buat masa depan lo, gue rasa nggak.yang mo sekolah, elo.yang mo ngejalanin, elo.yang punya bakat, elo.yang tau apa mau lo, elo.yang pasti, ini idup lo.gue tau, semua orang tua pasti pengen yang terbaik buat anaknya.tapi gue rasa gak ada salahnya buat ngedengerin pendapat anak kan?on our age, pemikiran sama pendapat kita udah sangat bisa diperhitungkan loh.gue gak nyuruh lo buat jadi anak durhaka ala malin ato sangkuriang.elo mungkin aja salah mengenali diri lo.tapi ortu lo juga punya kemungkinan salah yang sama kan?kata orang2 ini saat2 yang paling menentukan di idup kita, mo jadi apa kita ntar, ditentuin disini.dan sekali lagi, ini idup kita, kita punya hak buat nentuin yang mana yang mo dijalani.dengan pertimbangan matang pastinya.paling enak nih, kalo kita ngobrol santai bareng ortu, soal plus minus pilihan yang ada.paling asyik tuh kalo ortu bisa ngasih saran tanpa maksa.ngasih pertimbangan dan dorongan tanpa nyuruh.dan keputusannya balik lagi ke lo.mana yang mo lo pilih, itu kudu lo jalanin.tanpa banyak komplain, karena itu pilihan lo.lo kudu konsisten, dan tanggung jawab sama pilihan lo.karena tiap pilihan pasti ada resikonya.ini bukan soal egois, tapi soal berusaha bertanggung jawab.gimana lo, dan gue, bisa belajar dewasa dengan bertanggung jawab sama pilihan kita sendiri.ortu gue udah percaya sama gue, dan gue bakal usaha ngejaganya.elo, kalo emang belom, lo harus nunjukin kalo lo bisa dikasih tanggung jawab, kalo lo udah gak kayak anak kecil, kalo lo, udah cukup bisa mikir buat idup lo.inget, ada saatnya lo harus ngurus idup lo sendiri.idup lo, tergantung sama pilihan lo.apa yang ada sekarang, akibat keputusan lo kemaren.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar